Langkah Cegah Mabuk Perjalanan Selama Mudik Lebaran

Posted on

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pilihan moda transportasi untuk mudik Lebaran, mulai dari naik kereta, bus, kapal laut, pesawat, hingga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Tapi yang perlu diwaspadai adalah kondisi mabuk di perjalanan.

Individu bisa mengalami mabuk perjalanan ketika kondisi tubuh dan otak tak seimbang. Hal itu akan menimbulkan efek mabuk yang menyerang sistem saraf pusat, mata, telinga, hingga sendi dan otot tulang belakang.

Baca Juga

  • Mulai Hari Ini, Jalan Tol Solo-Ngawi Bisa Dilewati Gratis
  • Djarot: Usai Lebaran, PNS Pemprov Jakarta Tidak Boleh Bolos
  • Tips Bos PLN Hindari Kebakaran Saat Rumah Ditinggal Mudik

Ahli bedah dari Head and Neck Institute, New York, Dr Sujana Chandrasekhar mengatakan, mabuk perjalanan terjadi akibat otak menafsirkan stimulus yang salah sehingga menyebabkan mual.

Mabuk perjalanan bisa dialami siapa pun, terutama individu usia dua hingga 12, wanita hamil, serta orang yang mudah migrain.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau meredakan mabuk perjalanan, melansir laman Medicine Net, Senin (19/6/2017).

10 Cara Hindari Mabuk Perjalanan

1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda sebelum dan selama perjalanan. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan makan makanan yang tak tepat dan membuat perut terasa penuh. Makanan berat, kaya bumbu, atau berlemak hanya akan membuat mabuk perjalanan semakin parah.

2. Menghindari makanan berbau menyengat juga bisa mencegah mual.

3. Pilih tempat duduk yang memungkinkan Anda sedikit merasakan guncangan. Bila Anda bepergian dengan pesawat, pilihlah bagian tengah, dekat sayap. Itu merupakan area yang paling stabil dari guncangan. Jika naik kapal laut, pilih kabin bawah dekat bagian utama kapal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *